Space ClickUp: Rahasia Pengelolaan Proyek Efisien

Daftar Isi

Bagikan:

Space ClickUp: Rahasia Pengelolaan Proyek Efisien

Tanpa adanya struktur yang jelas, pengelolaan pekerjaan bisa jadi berantakan. Terutama jika dikerjakan secara kolaboratif dalam tim. Pekerjaan bisa terlewat, prioritas menjadi kacau, dan komunikasi antar anggota tim tidak berjalan dengan baik.

Dengan ClickUp, Anda bisa mencegah hal itu melalui fitur Space yang dapat membantu dalam mengelompokkan tugas dan proyek secara struktur. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya:

Apa Itu Space di ClickUp

Space adalah ruang kerja yang digunakan untuk mengelompokkan proyek, tugas, atau tim dalam satu kategori besar. Biasanya space ini lebih dikenal sebagai folder besar yang dapat menyimpan seluruh kegiatan kerja dalam satu konteks. Misalnya, kamu bisa membuat space untuk Tim Marketing, Tim HR, atau Proyek Campaign Q4. 

Namun perlu dipahami, berdasarkan info dari ClickUp.com, Space tersedia untuk semua plan. 

  • Untuk plan Free Forever, Workspace dibatasi hingga 5 Space. 
  • Untuk plan Unlimited dan di atasnya, akses Space tidak dibatasi (unlimited).

 

Catatan Penting:

Meskipun fitur Space tersedia untuk semua plan (Free Forever hingga Unlimited), ada batasan khusus terkait user guest. Batasan tersebut adalah Guest tidak dapat diundang langsung ke sebuah Space.

Sehingga dapat diartikan, jika ada pengguna yang hanya diberi peran guest dalam akun ClickUp, maka pengguna tersebut tidak bisa melihat atau bergabung ke level Space secara langsung.

Fungsi Space Pada ClickUp 

Melalui adanya Space, Anda dapat mengelompokkan proyek ke dalam kategori kerja yang lebih terstruktur. Namun selain itu, Space di ClickUp juga berfungsi untuk:

  1. Mengatur alur kerja sesuai kebutuhan tim, termasuk status tugas dan custom fields.
  2. Memberi batasan akses pengguna berdasarkan proyek atau tim tertentu.
  3. Menyediakan tempat khusus untuk dokumen, task, dan tampilan kerja (view) agar tidak bercampur dengan proyek lain.
  4. Memisahkan workflow antar divisi atau klien dalam satu Workspace.
  5. Mengoptimalkan kolaborasi dengan fitur integrasi, template, dan automasi langsung dalam satu ruang kerja.

 

Komponen yang Harus Dipahami dalam Membuat Space di ClickUp


Sebelum Anda membuat Space di ClickUp, pahami dulu komponen-komponen berikut agar struktur kerja dapat berjalan efektif:

  1. Nama Space
    Gunakan nama yang langsung mencerminkan tim atau proyek. Contoh: “Marketing Team” atau “App Development”.
  2. Warna dan Ikon
    Berfungsi membedakan Space satu dengan lainnya secara visual. Mempermudah navigasi terutama jika ada banyak Space dalam satu Workspace.
  3. Pengaturan Privasi
    Tentukan apakah Space akan diakses oleh seluruh anggota Workspace atau hanya untuk anggota tertentu.
  4. Anggota dan Izin (Permission)
    Pilih siapa yang bisa mengelola atau sekadar melihat isi Space. Cocok untuk membatasi akses saat bekerja dengan banyak tim atau klien.
  5. Fitur Aktif di Space
    Pilih fitur yang relevan, seperti Docs, Custom Fields, Automations, atau Integrasi. Menonaktifkan fitur yang tidak perlu dapat menjaga tampilan tetap ringkas.
  6. Status Tugas
    Sesuaikan status default agar sesuai alur kerja tim. Bisa dibuat untuk pipeline kerja seperti: Ide, Proses, Revisi, Selesai.
  7. Folder dan List
    Gunakan Folder untuk mengelompokkan proyek serupa. List digunakan untuk membagi tugas menjadi lebih detail dalam setiap folder.
  8. Template Space
    Buat atau gunakan template jika sering memakai struktur Space yang sama. Menghemat waktu dan menjaga konsistensi alur kerja.

Baca juga:  AI dan Automasi: Mana yang Tepat untuk Meningkatkan Efisiensi Bisnis Anda?

Cara Membuat Space di ClickUp

Dalam membantu Anda memahami cara pembuatan Space di ClickUp, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Masuk ke Workspace Anda

Login ke akun ClickUp dan pastikan Anda berada di workspace yang sesuai.

2. Klik “+” di Sidebar

Di bagian kiri layar, klik ikon “+” untuk menambahkan Space baru.

3. Beri Nama Space

Pilih nama yang jelas dan relevan, misalnya “Tim Logistik” atau “Client A Project”.

4. Pilih Warna dan Ikon

Sesuaikan warna dan ikon agar mudah dikenali oleh anggota tim.

5. Atur Fitur yang Diaktifkan

Anda bisa memilih fitur seperti:

  • Time Tracking
  • Goals
  • Automations
  • Docs
  • Chat

Pilih sesuai kebutuhan tim Anda.

6. Atur Permission dan Anggota

Tentukan siapa saja yang bisa mengakses Space ini. Anda bisa memilih:

  • Admin
  • Member
  • Viewer

7. Selesai dan Mulai Bekerja

Setelah semua pengaturan selesai, klik “Create Space” dan Anda siap mulai mengatur Folder dan List di dalamnya.

Tips Memaksimalkan Penggunaan Space

Agar Space di ClickUp berjalan optimal, Anda dapat menerapkan tips berikut ini: 

1. Gunakan template

Agar pembuatan space dapat berjalan dengan cepat, Anda dapat menggunakan template. Terutama untuk berbagai pekerjaan yang memiliki layout serupa. Dengan demikian, nantinya tiap space akan memiliki struktur yang saja dan dapat digunakan lebih efisien.

2. Atur permission secara detail

Jika tim Anda sudah besar, maka mengatur  permission adalah sebuah kebutuhan. Misalnya saja seperti: Yang bisa menghapus tugas hanya yang memiliki role manager.

3. Gunakan folder dan list dengan rapi

Agar space lebih rapi Anda dapat menggunakan folder dan list yang sesuai. Namun perlu diketahui bahwa setiap folder bisa mewakili proyek atau waktu tertentu. Sedangkan list berisi task dalam kategori tersebut

4. Gunakan fitur view untuk visualisasi

Untuk mendapatkan visualisasi data dashboard yang sesuai kebutuhan, Perusahaan dapat memilih berbagai macam tampilan view seperti tampilan List, Board, atau Gantt Chart sesuai kebutuhan tim

5. Integrasikan dengan tools lain

Jika kamu menggunakan tool seperti Google Drive atau Slack, integrasikan langsung di Space

Mimosatree: Bantu Optimalkan Penggunaan ClickUp 

Space di ClickUp tidak hanya berfungsi untuk mengelompokkan pekerjaan saja. Tetapi juga menjadi dasar pengaturan workflor dan pengelolaan fitur yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, setiap proyek yang akan dikerjakan akan menjadi lebih terstruktur dan efisien. 

Jika Anda masih bingung dalam pengaturan ClickUp untuk tim Anda, maka berkonsultasi secara langsung dengan Mimosatree.id  adalah langkah terbaik. Sebab, Mimosatree hadir sebagai ClickUp Consultant di Indonesia yang dapat membuat alur kerja yang sesuai dengan kebutuhan tim. Yuk hubungi tim dari Mimosatree sekarang dan dapatkan konsultasi gratis untuk penggunaan ClickUp.

 

Bagikan:

Masih Mau Jalan Sendirian ?

Rimba House adalah teman Anda dalam menjalankan bisnis