Cara Mudah Membuat Timesheet yang Efektif dan Akurat

Daftar Isi

Bagikan:

Cara Mudah Membuat Timesheet yang Efektif dan Akurat

Dalam mempermudah pencatatan waktu, penggunaan timesheet sangatlah penting. Sebab, timesheet akan mencatat dengan jelas setiap waktu yang dihabiskan dalam mengerjakan proyek tertentu. 

Melalui cara ini, project manager dapat dengan mudah memantau produktivitas tiap tim, dalam memastikan bahwa proyek telah berjalan sesuai dengan rencana. Artikel ini akan membahas tentang langkah-langkah yang dapat membantu dalam pembuatan timesheet. 

Cara Membuat Timesheet 

Pada dasarnya, pembuatan timesheet itu cukup mudah, sebab Anda hanya perlu menyiapkan beberapa kolom untuk mencatat seluruh aktivitas pekerjaan. Namun, untuk mempermudah prosesnya, berikut adalah langkah-langkahnya: 

1. Menentukan Kolom yang Dibutuhkan

Sebelum Anda membuat timesheet, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan kolom-kolom yang dibutuhkan. Pastikan seluruh kolom yang ada dapat mencatat informasi penting secara jelas dan terstruktur.

Kolom utama yang biasanya ada dalam timesheet adalah:

  • Waktu Mulai dan Waktu Selesai: Mencatat waktu mulai dan selesai setiap tugas.
  • Deskripsi Tugas: Menjelaskan aktivitas atau tugas yang sedang dikerjakan.
  • Durasi: Menghitung jumlah jam yang dihabiskan untuk setiap aktivitas.

Dengan kolom-kolom ini, timesheet akan memberikan gambaran yang jelas mengenai berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk masing-masing tugas.

2. Menentukan Format Penulisan

Setelah menentukan kolom yang dibutuhkan, maka Anda dapat memilih format seperti apa yang dibutuhkan misalnya ingin menggunakan manual, spreadsheet, maupun Aplikasi. Namun, untuk mempermudah dalam penggunaanya, diera sekarang ini banyak project management toolss yang dapat digunakan untuk membuat timesheet secara digital seperti ClickUp.

3. Catat Seluruh Aktivitas dengan Detail

Karena timesheet berguna sebagai alat transparansi dalam pengelolaan waktu, maka sangatlah penting untuk mencatat seluruh aktivitas secara detail. Sehingga, project manager atau yang berkepentingan dapat  dengan mudah untuk menggetahui dan memantau atas kemajuan proyek yang telah dikerjakan.

4. Memeriksa Data 

Setelah semuanya tercatat pada timesheet, jangan lupa untuk memeriksanya kembali. Apakah data yang telah diinput  telah sesuai yang dilakukan. Hal ini karena, untuk memastikan akurasi laporan waktu yang akan digunakan untuk evaluasi proyek atau karyawan kedepannya.

Baca juga:  Cara Membuat Dashboard di ClickUp dalam 5 Menit

Contoh Menyusun Timesheet yang Sederhana

Untuk membantu Anda dalam memahami penyusunan timesheet, Artikel ini juga menyediakan contoh penulisan timesheet bagi pekerja digital marketing :

Tanggal Waktu Mulai Waktu Selesai Deskripsi Tugas Durasi (Jam)
01/12/2023 09:00 11:00 Menulis artikel SEO 2
01/12/2023 11:30 13:00 Rapat tim proyek 1.5
01/12/2023 14:00 16:00 Mengedit konten video 2

 

Tidak semua devisi atau perusahaan memiliki template penulisan timesheet yang sama, Oleh karena itu, sebelum Anda susun check kembali apakah perusahaan maupun devisi Anda telah memiliki tempalte untuk membuat  timesheet. 

Mimosatree: bantu optimalkan penggunaan ClickUp 

Pembuatan timesheet sangatlah mudah, sebab hanya membutuhkan kolom-kolom sederhana untuk mencatat aktivitas pekerjaan. Dengan langkah-langkah yang jelas, mulai dari menentukan kolom yang dibutuhkan hingga memeriksa data yang telah dicatat, timesheet dapat membantu memantau penggunaan waktu secara efisien.

Untuk mempermudah pembuatan timesheet, Anda dapat menggunakan project management tools dari ClickUp yang mampu mengelola timesheet dengan lebih mudah dan otomatis. Namun, jika Anda sudah menggunakan ClickUp tetapi bingung dalam memaksimalkan fitur-fiturnya, Anda dapat berkonsultasi dengan Mimosatree sebagai mitra resmi ClickUp di Indonesia. Dengan bantuan dari tim konsultan ClickUp, Anda akan mendapatkan solusi yang tepat untuk memaksimalkan penggunaan ClickUp dalam pengelolaan waktu dan proyek.

Bagikan:

Masih Mau Jalan Sendirian ?

Rimba House adalah teman Anda dalam menjalankan bisnis