Cara Membuat Formulir Dengan ClickUp Form

Cara Membuat Formulir Dengan ClickUp Form
Daftar Isi Konten

Dalam membantu pengumpulan data, formulir digital kini menjadi bagian terpenting dari proses kerja modern. Namun, banyak tim masih menggunakan formulir yang terpisah dari sistem utama, sehingga menyulitkan tindak lanjut. 

Di sinilah ClickUp Form hadir sebagai solusi yang terintegrasi dan efisien. Dengan demikian,  formulir yang ada tidak hanya rapi, tetapi juga langsung actionable.  Berikut adalah penjelasan mengenai ClickUp Form lebih lanjut: 

 

Apa Itu Click Up Form

ClickUp Form adalah sebuah fitur yang disediakan oleh ClickUp yang dirancang untuk membuat formulir digital yang langsung terintegrasi dengan project management tools.

Itu artinya, setiap data yang di input melalui formulir tersebut, akan otomatis tersinkronisasi dengan tercatat pada task yang ada task pada ClickUp, lengkap dengan detail yang bisa disesuaikan melalui custom fields.

Tidak seperti formulir digital lainnya, ClickUp Form tidak hanya digunakan untuk pengumpulan data, tetapi juga mengintegrasikan ke dalam alur kerja tim. Walaupun, respon formulir lainnya dapat berbentuk spreadsheet, tetapi harus dipindahkan secara manual ke sistem kerja. Sehingga akan memakan waktu dan rentan terhadap kesalahan.

 

Mengapa Click Up Form Dipilih? 


Dalam pembuatan formulir digital, ClickUp Form dipilih karena memiliki fitur integrasi dengan project management tools. Namun tak hanya itu saja, ClickUp Form dipilih karena memiliki beragam alasan seperti: 

1. Integrasi Yang Mudah 

Dengan menggunakan fitur formulir dari Click Up, maka memungkinkan data yang terinput dapat secara langsung akan otomatis terintegrasi dengan tugas baru. Dengan demikian, pengelolaan project pada tim Anda akan menjadi lebih mudah.

2. Pengumpulan Data Yang Lebih Rapi

Alasan selanjutnya, ClickUp Form akan membuat pengumpulan data menjadi lebih rapi. Sebab, semua data akan langsung tersimpan pada format yang konsisten pada sistem management. Sehingga, nantinya dapat mengurangi risiko data yang tumpang tindih atau salah input secara manual.

Baca juga:  Jamboard, Papan Tulis Digital Interaktif dan Alternatif Terbaiknya

3. Mendukung Custom Field 

Yang menarik, penggunaan ClickUp juga mendukung sistem custom field sehingga nantinya pengguna dapat menyesuaikan formulir dan tugas sesuai dengan kebutuhan spesifik proyek atau tim. Dengan fitur custom field, pengguna dapat menambahkan kolom-kolom data tambahan seperti angka, teks, pilihan dropdown, tanggal, atau bahkan file yang relevan.

 

Cara Membuat Formulir Di Click Up

Ingin membuat formulir pada click up, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini: 

1. Masuk ke Workspace dan Pilih Folder/Task List 

Tentukan di mana kamu ingin respons formulir disimpan sebagai task.

2. Klik “+” dan Pilih “Form” Fitur ini tersedia di bagian atas task list.

Tambahkan Pertanyaan dan Custom Fields Kamu bisa memilih tipe field: teks, dropdown, tanggal, dll. Gunakan custom fields untuk segmentasi data yang lebih kaya.

3. Atur Tampilan dan Branding 

Tambahkan judul, deskripsi, dan sesuaikan warna agar sesuai dengan identitas tim atau brand.

4. Konfigurasi Automasi 

Misalnya: setiap respons langsung assign ke anggota tim tertentu, atau trigger notifikasi.

5. Bagikan Link atau Embed ke Website 

ClickUp menyediakan link publik yang bisa langsung dibagikan atau di-embed ke situsmu.

 

Tips Optimasi Formulir di ClickUp 


Agar formulir Anda dapat lebih efektif dalam mendukung alur kerja tim Anda. Maka, Anda dapat  mengoptimalkan dengan tips berikut ini:

1. Menambahkan Custom Fields

Dengan menambahkan custom fields, maka Anda dapat menemukan informasi yang spesifik dengan mudah. Terutama, ketika tidak adanya informasi tersebut pada formulir secara default seperti prioritas, anggaran, waktu estimasi, atau informasi lainnya. 

Sehingga, nantinya pengumpulan data yang lebih terperinci dan terstruktur, sehingga membuat formulir yang dibuat dapat diproses lebih lanjut.

Baca juga:  Cara Ubah / Konversi File Word ke Excel dengan Mudah

2. Mengintragsikan Dengan Automasi 

Mengintegrasikan formulir ClickUp dengan automasi dapat menghemat waktu dan mengurangi beban kerja manual. Setelah formulir diisi, Anda bisa mengatur automasi untuk membuat tugas baru, menugaskan anggota tim, atau mengupdate status tugas secara otomatis berdasarkan data yang diterima.

3. Membuat Formulir Yang Sesuai Dengan Segmentasi 

Agar formulir lebih efektif, buatlah formulir yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing segmen tim atau jenis proyek. Misalnya, tim pemasaran mungkin membutuhkan formulir yang berbeda dengan tim pengembangan produk.

Optimalkan Pembuatan Formulir Dengan Click Up

ClickUp Form bukan hanya sekedar formulir yang digunakan untuk pengumpulan data saja, tetapi akan berfungsi secara langsung sebagai penghubung antara informasi yang dikumpulkan dengan tindakan yang harus diambil oleh tim. 

Hal ini karena ClickUp form akan secara otomatis membuat isian formulir tersebut menjadi tugas (task) lengkap dengan fitur action, custom fields, maupun automation. 

Sudah siap membuat formulir yang optimal dan efisien? Yuk gunakan ClickUp dan memaksimalkan produktivitas dengan ClickUp Form sekarang juga.

Bagikan ke:

WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
Pinterest
LinkedIn

Artikel Terkait

Masih Mau Jalan Sendirian ?

Rimba House adalah teman Anda dalam menjalankan bisnis